Sabtu, 21 Mei 2016

Analisa Sistem Yang Berjalan Di BukaLapak.com

Tugas Proses Bisnis TI

16.8A.33
Nama Rijki Wahyudi H   16120039


Deskripsi BukaLapak.com
                Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Seperti halnya situs layanan jual-beli menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Siapa pun dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.
Anailisa Sistem Yang Berjalan Di BukaLapak.com
                Sistem yang berjalan di BukaLapak.com. adalah dengan metode Payment System. Payment System yaitu metode transaksi mirip rekening bersama tradisional; penjual menerima dana pembayaran setelah pembeli terima barang sehingga jika penjual tidak mengirim barang, dana pembeli tetap aman dan dapat dikembalikan 100%

Alur Sistem Jual Beli di BukaLapak.com

1. Penjual mengupload barang yang ingin di jual
2. Menunggu sampai barang yang di upload di pesan orang
3. Setelah menerima notifikasi dari BukaLapak bahwa barang kita telah di pesan segera melakukan pengemasan dan pengiriman
4. Menunggu barang sampai ke pembeli dan apabila setelah 2 hari barang diterima (menurut resi pengiriman) belum ada konfirmasi dari pembeli melalui ulas pesanan, maka transaksi dianggap selesai dan pelapak menerima uang dan feedback secara otomatis.

Analisis swot pada BukaLapak.com

1. Kekuatan/Strengh (S)
  • Mudah di akses dari Web maupun mobile
  • Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual
  • Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak meruggikan penjual
  • Adanya Sistem Payment Sistem
2. Kelemahan/Weakness (W)

  • Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama
  • Apabila ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi penjual
3. Peluang/Opportuity (O)

  • Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
  • Bisa menjangkau seluruh indonesia
  • Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya
4. Ancamam/Threats (T)

  • Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir sama
  • Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh situs jual beli yang lain
                                                                                                  MEDIA INTERAKSI SWOT
IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary) EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary)
Kekuatan/Strengh (S)

1. Mudah di akses dari Web maupun mobile
2. Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual
3, Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak meruggikan penjual
4. Adanya Sistem Payment Sistem
Kelemahan/Weakness (W)

1. Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama
2. Apabila ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi penjual
Peluang/Opportuity (O)

1. Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
2. Bisa menjangkau seluruh indonesia
3. Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya
Srategi SO

1. Bisa beriklan di sosial untuk media promosi web
2. Memaksimalkan Promosi untuk menarik penjual adar menjual barang nya di BukaLapak
3. memebrika ptongan khusus di hari kertentu
Srategi WT

1. Membuat tampilan web lebih menarik
2. membantu penjual untuk lebih mudah berinteraksi dengan pembeli
Ancamam/Threats (T)

1. Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir sama
2. Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh situs jual beli yang lain
Srategi ST

1. Menginkatkan pelayanan agar lebih baik
2. Memberikan discount dan promo bagi pembeli sehingga pembeli akan sering membeli tanpa merugikan penjual
Strategi WT

1. Bekerja sama dengan perusaha lain
2. sering lah promo di web web yang rmai di kunjungi orang
3. memiliki ciri web yang beda dri web yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar